Halaman Depan

 

Selamat Datang di Layanan Informasi Publik Online DPR-RI

 

"PRIMA (PROFESIONAL, RAMAH, INTEGRITAS, MUDAH, AMANAH)"

 

 

         

MAKLUMAT PELAYANAN

 

                                         Dengan ini kami berupaya dengan sungguh-sungguh untuk :

1.     Memberikan pelayanan informasi dengan cepat, mudah, dan sederhana

2.    Merespon permohonan informasi publik dan mengkoordinasikan pengelolaan informasi                  sesuai dengan ketentuan yang berlaku

3.     Memberikan empati dan rasa peduli terhadap pemohon informasi publik

4.     Menyediakan ruang dan fasilitas desk informasi yang cukup nyaman

5.     Menyiapkan petugas layanan informasi publik yang berdedikasi dan siap melayani

 

 

               Sejalan dengan amanah UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan dalam rangka memberikan pelayanan informasi yang optimal kepada masyarakat, DPR RI sebagai Badan Publik telah menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sesuai Keputusan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia No. 866/SEKJEN/2010 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses informasi publik. Layanan Informasi Publik Online merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi publik disamping ketersediaan informasi yang sudah dapat diakses secara langsung melalui website resmi dpr.go.id. Dengan Layanan Informasi Publik Online ini, diharapkan jarak dan waktu tidak lagi menjadi halangan yang berarti dalam memenuhi hak masyarakat atas informasi publik.

 

 

Visi :

Terwujudnya PPID DPR RI yang taat azas, netral, dan profesional.

 

Misi :

1.      Meningkatkan sistem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah, dan wajar sesuai dengan petunjuk           teknis standar layanan informasi publik.

2.      Meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam menjamin terpenuhinya hak publik untuk memperoleh                   informasi.

3.      Meningkatkan kompetensi dalam bidang penyimpanan, pengelolaan,  pelayanan dan antisipasi dalam                       penyelesaian sengketa. 

 

Asas Keterbukaan Informasi Publik:

1.    Setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat di akses oleh setiap Pengguna Informasi Publik

2.    Informasi Publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas;

3.     Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap Pemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepat waktu,                  biaya ringan, dan sederhana;

4.     Informasi Publik yang dikecualikan bersifat rahasia sesuai dengan Undang-Undang, kepatutan, dan kepentingan              umum didasarkan pada pengujian tentang konsekuensi yang timbul apabila suatu informasi diberikan kepada                  masyarakat serta setelah dipertimbangkan secara seksama bahwa menutup Informasi Publik dapat melindungi                kepentingan yang lebih besar dari pada membukanya atau sebaliknya.

 

Tujuan Keterbukaan Informasi Publik:

1.     Menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik,         dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik;

2.     Mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik;

3.     Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan Badan Publik yang            baik;

4.    Mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat         dipertanggungjawabkan;

5.     Mengetahui alasan kebijakan publik yang memengaruhi hajat hidup Orang banyak;

6.     Mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa; dan/ atau

7.     Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik untuk menghasilkan layanan                informasi yang berkualitas.

 

   Jam Pelayanan Informasi:

Senin s/d Kamis   : 09.00 - 15.00 WIB

Istirahat               : 12.00 - 13.00 WIB

 

Jum'at                  : 09.00 - 15.00 WIB

Istirahat              : 11.00 - 13.00 WIB

 

 

PPID DPR RI

 

Gedung Nusantara III Lt. 1,5

No. Telpon       : 021 5715 349

No. Faksimile : 021 5715 925

email                : ppid@dpr.go.id