Home Profil Profil PPID

PPID SETJEN DAN BK DPR RI

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Sekretariat Jenderal DPR RI telah ditetapkan oleh Sekretaris Jenderal DPR RI sejak tahun 2010, melalui Surat Keputusan Sekretaris Jenderal DPR RI Nomor 866/SEKJEN/2010 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Sekretariat Jenderal DPR RI.

     Tahun 2016, mengikuti perkembangan struktur organisasi yang ada di tubuh kesekretariatan DPR RI, dengan dibentuknya Badan Keahlian, sesuai Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2015 tentang Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 43), telah dilakukan perubahan peraturan terkait Penetapan PPID.

      Keberadaan Badan Keahlian sebagai penguatan unsur pendukung (supporting system)Dewan, terutama di bidang keahlian, berimplikasi pada semakin besar dan beragamnya karakter informasi dan dokumentasi yang ada dan harus dikelola di lembaga Dewan. Oleh karenanya, telah dilakukan penyesuaian terhadap PPID di DPR RI menjadi PPID Sekretraiat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI, sebagaimana terakhir kali dirubah melalui Surat Keputusan Sekretaris Jenderal DPR RI Nomor 256/SEKJEN/2018 tentang Penetapan PPID Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

   Penetapan PPID Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI merupakan wujud komitmen DPR dalam mendukung pengimplementasian nilai-nilai transparansi dan akuntabilitas lembaga Parlemen serta peningkatan partisipasi publik, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.


Berikut Profil Singkat Pejabat PPID SETJEN DAN BK DPR RI

ATASAN PPID

Ir. Indra Iskandar, M.Si.

Lahir di Jakarta, 14 November 1966. Menyelesaikan pendidikan strata satu di Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta pada Jurusan Teknik Sipil tahun 1994. Gelar Magister didapatkan dari Universitas Indonesia Jurusan Administrasi Negara pada tahun 2005.

Mulai menjadi PNS pada Maret 1997. Menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat pada 14 Mei 2018, dimana sebelumnya merintis karir di Kementerian Sekretaris Negara. Karier beliau dimulai pada tahun 2000 menjabat sebagai Kasubag Proyek PBB di Sekretariat Negara, kemudian menjabat Kasubag Perencanaan Bangunan pada tahun 2002, Sebagai Kepala Bagian Umum di tahun 2011, menjadi Asisten Deputi Hubungan Lembaga Negara dan Daerah di tahun 2015.

PPID

Y.O.I Tahapari, S.H., M.H.

Lahir di Jakarta tanggal 2 Oktober tahun 1960. Menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (1995). Melanjutkan pendidikannya di Universitas Krisnadwipayana Bekasi dan mendapatkan gelar Master of Science di bidang Administrasi (2013).

Menjadi Kepala Biro Pemberitaan Parlemen sekaligus sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada 7 November 2017. Sebelumnya menjadi Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan pada periode (1-1-2017 sampai 06-11-2017) dan (27-11-2015 – 30-07-2016), menjadi Kepala Biro Persidangan II dari Agustus sampai Desember tahun 2016 di Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

WAKIL PPID

Minarni, SH

Lahir di Painan (pesisir selatan Sumatera Barat) pada tanggal 20 Juni 1965. Mengenyam pendidikan sekolah menegah atas di SMA Negeri 1 Padang. Kemudian melanjutkan pendidikan strata satu di Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang dan lulus tahun 1991.

Mulai menjadi pegawai negeri sipil pada bulan Februari tahun 1993 di Sekretariat Jenderal DPR RI. Menjabat sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat sekaligus sebagai Wakil Ketua PPID pada bulan Agustus 2018.

Tanya Admin